Vitalik ButerinCryptotahavolesabz merupakan salah satu media cryptocurrency, Bitcoin, Ethereum, Altcoin, blockchain, DeFi, keuangan digital, dan berita Web3 dengan analisis, video, dan pembaruan harga kripto langsung

Vitalik Buterin membocorkan tantangan terbesar yang tersisa untuk Ethereum, Sementara konsep alamat siluman tampak rumit secara teori, Buterin sebelumnya menggambarkannya sebagai pendekatan berteknologi rendah” dibandingkan dengan solusi privasi Ethereum lainnya.

Salah satu pendiri Ethereum Vitalik Buterin telah membagikan kemungkinan solusi untuk apa yang dia gambarkan sebagai tantangan terbesar yang tersisa untuk Ethereum .

Dalam posting blog pada 20 Januari, Buterin mengakui perlunya menemukan solusi privasi karena secara default, semua informasi yang masuk ke blockchain publik juga bersifat publik.

Dia kemudian sampai pada konsep “stealth address”  yang menurutnya berpotensi menganonimkan transaksi peer-to-peer, transfer nonfungible token (NFT), dan pendaftaran Ethereum Name Service (ENS), guna melindungi pengguna.

Dalam postingan blog tersebut, Buterin menjelaskan bagaimana transaksi on-chain dapat dilakukan antara dua pihak dengan anonimitas.

Pertama, pengguna yang ingin menerima aset akan menghasilkan dan menyimpan “kunci pengeluaran” yang kemudian digunakan untuk menghasilkan alamat meta siluman.

Alamat ini  yang dapat didaftarkan di ENS kemudian diteruskan ke pengirim yang dapat melakukan perhitungan kriptografi pada alamat meta untuk menghasilkan alamat siluman, yang menjadi milik penerima.

Pengirim kemudian dapat mentransfer aset ke alamat siluman penerima selain menerbitkan kunci sementara untuk mengonfirmasi bahwa alamat siluman adalah milik penerima.

Efek dari ini adalah alamat siluman baru dihasilkan untuk setiap transaksi baru.

eth
Cryptotahavolesabz merupakan salah satu media cryptocurrency, Bitcoin, Ethereum, Altcoin, blockchain, DeFi, keuangan digital, dan berita Web3 dengan analisis, video, dan pembaruan harga kripto langsung

BACA JUGA : Ethereum, Lebih Dari $4,6 Miliar Dalam Ethereum Terbakar Sejak EIP-1559

Vitalik Buterin mencatat bahwa pertukaran kunci Diffie-Hellman, selain mekanisme penyamaran kunci perlu diterapkan untuk memastikan bahwa tautan antara alamat siluman dan alamat meta pengguna dapat dilihat secara publik.

Salah satu pendiri Ethereum menambahkan bahwa ZK-SNARKs ,teknologi tahan kriptografi dengan fitur privasi bawaan dapat mentransfer dana untuk membayar biaya transaksi.

Namun Vitalik Buterin menekankan bahwa hal ini dapat menimbulkan masalah tersendiri setidaknya untuk jangka pendek dengan menyatakan ini menghabiskan banyak bahan bakar, tambahan ratusan ribu bahan bakar hanya untuk sekali transfer. live draw hk

Alamat siluman telah lama disebut-sebut sebagai solusi untuk mengatasi masalah privasi on-chain, yang telah dikerjakan sejak awal 2014. Namun sejauh ini sangat sedikit solusi yang telah dibawa ke pasar.

Ini juga bukan pertama kalinya Buterin membahas konsep alamat siluman di Ethereum.

Pada bulan Agustus, dia menjuluki alamat siluman sebagai “pendekatan teknologi rendah” untuk mentransfer kepemilikan token ERC-721 secara anonim — atau dikenal sebagai NFT.

Salah satu pendiri Ethereum menjelaskan bahwa konsep alamat siluman yang diusulkan menawarkan privasi yang berbeda dengan Tornado Cash yang sekarang disetujui Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri (OFAC) AS:

“Tornado Cash dapat menyembunyikan transfer aset utama yang dapat dipertukarkan seperti ETH atau ERC20 besar […] tetapi sangat lemah dalam menambahkan privasi ke transfer ERC20 yang tidak jelas, dan tidak dapat menambahkan privasi ke transfer NFT sama sekali.”

Buterin menawarkan beberapa saran untuk proyek Web3 yang sedang mengembangkan solusi: Live draw sdy

“Alamat siluman dasar dapat diimplementasikan dengan cukup cepat hari ini, dan bisa menjadi dorongan signifikan untuk privasi pengguna praktis di Ethereum.”

Mereka memang membutuhkan beberapa pekerjaan di sisi dompet untuk mendukung mereka. Yang mengatakan, itu adalah pandangan saya bahwa dompet harus mulai bergerak ke arah model multi-alamat yang lebih asli […] untuk alasan terkait privasi lainnya juga,” tambahnya.

Buterin menyarankan bahwa alamat siluman dapat menimbulkan “masalah kegunaan jangka panjang,” seperti masalah pemulihan sosial. Namun, dia yakin masalah dapat ditangani dengan baik pada waktunya:

“Dalam jangka panjang, masalah ini dapat diselesaikan, tetapi ekosistem alamat siluman dalam jangka panjang terlihat seperti salah satu yang akan sangat bergantung pada bukti tanpa pengetahuan,” jelasnya.

By Cryptotahavolesabz

Cryptotahavolesabz merupakan salah satu media cryptocurrency, Bitcoin, Ethereum, Altcoin, blockchain, DeFi, keuangan digital, dan berita Web3 dengan analisis, video, dan pembaruan harga kripto langsung

One thought on “Vitalik Buterin Membocorkan Tantangan Terbesar Ethereum”

Comments are closed.